Minggu, 02 Desember 2012

Apa itu net?

                                                       Apa itu net? 

Pada tahun 2010 saya pengen buat blog tapi terhalang gak bisa-bisa bikin e-mail Google, waktu lewat berbulan-bulan. E-mailnya ditolak terus tidak memenuhi ketentuan, padahal sudah diikuti dengan teliti. Sementara itu selalu buka: bangkawisata, jawabnya tidak terdapat nama itu. Saya bersukur, artinya belum ada orang yang memakai nama itu. Hal itu berlangsung berbulan-bulan juga. Akhirnya baru tahu kesalahan saya, yaitu tidak memasang titik diantara nama depan dan nama belakang, pada contohnya titiknya tidak terlihat, jadi tidak dibuat. Akibatnya ditolak terus.
Sayang, tidak juga dapat membuat e-mailnya. Sebab, Google pada waktu itu sedang mengadakan semacam pembenahan diri, dan diminta menunggu sampai bulan Agustus 2010. Menunggu lagi sampai sekian bulan sampai Agustus itu tanggal yang dijanjikan tiba.
Akhirnya e-mailpun jadi, lalu dibuatlah blog dengsn nama bangkawisata. Tapi kaget jawabnya nama itu sudah ada yang pakai. Dicoba berulang kali jawabnya sama, sudah ada yang pakai. Memang pada suatu kali tanpa sengaja membuka, ada yang menawarkan menjual nama itu.
Jelas saya telah kena potong. Ada unsur bisnis yang hendak saya lakukan, cuma belum berbisnis segera. Karena saya masih tetap mau menggunakan nama itu, maka saya tambah menjadi bangkawisatanet. Alhasil dikabulkan nama itu, bangkawisatanet. Lama-lama saya baru sadar, kalau-kalau orang salah mengerti, net itu = .net, yaitu salah satu nama domain, padahal bukan. Yang terbayang dipikiran saya adalah nama warnet artinya warung internet. Jadi, bangkawisatanet wisatanya lewat internet, pesan lewat internet atau on-line, konek lewat internet. Atau tersisip juga idea orang bisa berwisata ke Bangka lewat internet atau lewat dunia maya gak usah keluar duit, gak usah repot-repot bawa kopor, duduk aja di depan komputer biar ambeien.
Lalu, apakah internetisasinya sudah mendunia? Jawabnya: belum! Se-RW aja belum, bagaimana mau sedunia. Baru sebatas orang nyasar saja, entah bagaimana jadi membuka bangkawisatanet. Kita gembira dan berterima kasih atas kunjungannya, hanya bisa dibuka pakai Google saja. Pakai yang lain katanya tidak match. Memang karena merasa kontennya baru sedikit dan belum ada kupasan spesipik maka SEO-nya masih belum dioptimalkan. Jadi, dianggap masih tahap draft saja.

Selama blog ini hadir, sudah banyak juga blog sejenis yang tumbuh. Begitu juga dilapangan nyata sudah tumbuh beberapa biro tour yang objek kerjanya serupa, yaitu membuka wisata ke Bangka.
No problem, kita jalan terus. Jalan bersama atau sama-sama jalan. Mengenalkan Bangka, atau Bangka dikenal orang lewat dunia nyata ataupun lewat dunia maya. Mudah-mudahan berguna.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar