Rabu, 12 Desember 2012

bangkawisatanet dilihat juga di Rusia.

Secara kebetulan melihat data yang ada di Google pada tanggal 11 Desember 2012 yang lalu untuk jumlah penayangan bangkawisatanet tercatat menurut sistim operasinya: Black Barry 1, Macintoch 4, Linux 4 dan Windows 183; menurut Browsernya: UniversalFeedParsel 1, mobile safari 1, opera 10, Internet Explorer 37 dan  Firefox 150; menurut negaranya: Singapura 1, Korea Selatan 1, Jepang 2, Malaysia 3, Rusia 4, Jerman 5, Amerika Serikat 15 dan Indonesia 159. Begitulah hasil dperoleh bangkawisatanet yang hanya bisa dibuka di Google; itupun apabila penulisan keywordnya lengkap.Di tempat lain akan dijawab tidak match, tidak ada dokumen yang cocok. Memang sampai sekarang SEO belum digalakkam karena merasa kontennya terlalu sedikit, belum didaftarkan ke search engine.Mudah-mudahan akan dilakukan.
Pemirsa yang ada di luar negeri itu kemungkinan orang-orang Indonesia yang berada disana, barangkali kangen pengen lihat tanah air. Kalaupun penduduk setempat, barangkali menggunakan fasilitas terjemahan.
Dengan adanya pemirsa di luar negeri itu, maka merasa tergugah agar lebih rajin mengisi konten, terutama berisi objek wisata, agar ragam wajah daerah Indonesia (khususnya Bangka dalam hal ini)dapat ditampilkan lebih banyak lagi. Terima kasih atas semua perhatian, mudah-mudahan terpenuhi.

Pantauan per 5 April 2013.
Posting di atas dibuat karena tidak mengira bangkawisatanet dilihat juga sampai disana, dan di tempat lain pun diketahui lebih banyak, cuma yang diexpose judulnya di Rusia, bukan mengecilkan arti di tempat lainnya. Kemudian menjadi perhatian pula ternyata judul yang di Rusia itu dibaca oleh jumlah kali  (vieuwers) yang lebih banyak daripada jumlah yang dilihat/tayang di Rusia itu sendiri. Dari tanggall 1 Januari 2013  sampai dengan 1 April 2013 tercatat cuma 4 kali lihat/tayang di Rusia. Yang membaca/buka tulisan itu 2x lebih banyak. Baru pada tanggal 3 April 2013 di Rusia melonjak menjadi 13.
Per tanggal di atas, untuk perbandingan jumlah keseluruhannya sbb: Ind 309, AS 96, Jerman 34, Korsel 24, M'sya 14, Rusia 13, Ingg 5, Turki 3, Jepang 3. Lalu yang tidak lebih dari satu adalah: S'pura, Blanda, Nigeria, Irak, Kolombia, Brasil, dan Spanyol.  Blog ini baru hanya bisa dibuka dengan Google, dengan yang lain belum bisa. Jadi, yang bisa buka masih terbatas.
Sekali lagi terima kasih atas perhatiannya, cuma tidak tahu pasti apakah pemirsa di luar itu berasal dari Indonesia, atau penduduk setempat. Yang pernah ditelusur  balik pengunjung dari Korea Selatan, nampaknya penduduk setempat, bahkan webnya ditulis pakai huruf mereka sendiri. Pakai terjemahan?  Terjemahan dari bahasa Indonesia ke Inggeris yang pernah dilihat, nampaknya kurang pas atau keliru tafsir. Misalnya judul: Kata kota Pangkalpinang, diterjemahkan menjadi Pangkalpinang city said, kalau diterjemahkan kembali akan berbunyi Kota Pangkalpinang berkata. Sudah diperbaiki dengan: The word Pangkalpinang (city) ... ditulis satu kata atau dua kata?  Kata kata adalah katabenda = noun, bukan katakerja = verb, yang bisa berbentuk berkata/mengatakan.    
Kata kata adalah katadasar dari perkataan = the word (definite). Mengapa ditulis kata kota? Karena pengen ada semacam rhythm. Maaf rasa pengennya menimbulkan gangguan.
Pantauan per 29 Juli 2013.
Tidak tahu apa yang menjadi sebabnya, tercatat per 1 April 2013 pemirsa dari Rusia berbanding dengan dari  Amerika Serikat, = 4:40 atau 1:10. Tetapi sejak tanggal 17 Juli 2013, Rusia : Amerika Serikat = 163 : 149, jadi bangkawisatanet dibuka lebih banyak di Rusia daripada di Amerika Serikat, dan per 29 Juli 2013 menjadi 166 : 153. Sementara itu yang berdekatan dengan Rusia mempunyai jumlah tersendiri seperti dari Serbia, Republik Cheska, Albania, lalu pendatang baru lainnya adalah Italia, Aljazair, Cile, Venuzuela, Kanada. Terima kasih atas kunjungannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar